Jumat, 17 Juni 2011

CARA NAIK PANGKAT GURU KE IV/B TANPA PENELITIAN

INFO PENTING !

GURU BISA NAIK PANGKAT KE IVB BUKAN HANYA MELALUI BIKIN PTK

Pengumunan untuk para guru (tapi sebenarnya guru juga udah tahu), untuk naik pangkat dari IVa ke IVb dan seterusnya tidak mesti membuat karya berupa Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

Bisa saja para guru menilaikan karyanya yang berupa Diktat (dapat nilai 1, kan bisa bikin beberapa diktat), Alat Peraga (dapat nilai 0,5, kan bisa bikin banyak alat peraga, bisa poster, model, power point yang ditempel Film dan animasi atau lainnya), Karya Teknologi Tepat Guna (dapat nilai 5, bisa berupa Alat Pendidikan/Praktikum, Alat Pengolah yang bermanfaat untuk masyarakat, dan Media Pembelajaran berbasis komputer yang berupa Film dan Animasi Flash untuk satu semester), yang kesemuanya itu cukup menuliskan Laporan Pembuatan dan Penggunaannya disertai dengan Foto Pembuatan dan Penggunaan, atau kalau produk komputer kan bisa dikirim karyanya berupa CD pembelajaran.

FORMAT LAPORAN KARYA PENGEMBANGAN PROFESI NON KTI

Karya pengembangan profesi guru non KTI (Alat Peraga, Alat Praktikum, Karya Teknologi Tepat Guna dan Karya Seni) dapat digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat guru dari IV/a ke atas, sebagaimana karya tulis ilmiah. Yang penting ditulis laporan pembuatannya dengan format sebagai berikut :

- Halaman Judul

- Kata Pengantar

- Halaman Pengesahan

- Daftar Isi

A. Jenis : Alat Peraga/ Alat Bimbingan/ Karya Teknologi/Karya Seni (pilih salah satu aja ya!!!)

B. Judul (Nama Alat Peraga/ Nama Karya Teknologi/ Nama Karya Seni)

C. Tujuan

D. Manfaat

E. Rancangan (Gambar rancangan atau diagram alir, alat dan bahan yang digunakan)

F. Prosedur Pembuatan dilengkapi foto pembuatan.

G. Prosedur Penggunaan dilengkapi dengan foto penggunaan.

Paling laporannya 2 halaman (untuk Alat Peraga) atau 5 halaman (untuk Karya Teknologi). Buruan aja dicoba!!!

Weleh-weleh ternyata saat ini banyak guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang tidak tahu harus bagaimana setelah pangkatnya Pembina golongan IV/a. Karena selama ini kenaikan pangkatnya sudah diurus oleh Bagian Tata Usaha. Bagi guru yang sudah IV/a maka ada persyaratan khusus untuk naik pangkat ke IV/b yaitu harus mengumpulkan angka kredit dari Kegiatan Pengembangan Profesi sebesar 12. Kegiatan pengembangan profesi bisa berupa nulis Karya Tulis Ilmiah, bikin Alat Peraga, bikin Karya Teknologi Tepat Guna atau Karya Seni. Nah, kalau sudah bikin maka berkas usulan angka kredit bisa dikirim

ke Biro Kepegawaian Bagian Mutasi Guru Komplek Depdiknas Gedung C Lantai 5 Jalan Jendral Sudirman Senayan Jakarta.

Biasanya berkas ini diperiksa dulu oleh guru senior (atau bagi pengawas ya pengawas senior) kalau sudah mencukupi angka kredit dari unsur KBM. Kalau udah diperiksa maka tinggal minta surat pengantar dari Kepala Sekolah atau Kepala Dinas untuk mengantar berkas usulan penilaian angka kreditnya. Semoga jelas dan tidak mampet lagi.

8 komentar:

  1. Mantap Amang informasinya. Nanti Saya mau coba deh dan mohon bimbingannya.
    Salam dari : Patuan Manurung
    Guru SMKN 1 Balige TOba Samosir

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya. semoga saya bisa ke gol.IV/b

    BalasHapus
  3. tolong kalau pls syaratnya apa aj

    BalasHapus
  4. kalau mau berusaha dan kerja keras tentu bisa. Kadang-kadag karena banyak yg harus dikerjakan dan tanggungan kuliah anak2 jadi nglokro.

    BalasHapus
  5. tidak ada keberhasilan guru tanpa usaha yang sungguh-sungguh,jadilah guru yang mempunyai kesungguhan dalam berusaha

    BalasHapus
  6. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA, AWAL JADI HONORER SEKARANG SAYA SUDAH JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR

    YANG HANYA BISA DI PERCAYA
    BPK DR HERMAN M. SI NO HP BELIAU 0853-2174-0123

    Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

    Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...

    BalasHapus