Jumat, 17 Juni 2011

CARA NAIK PANGKAT GURU KE IV/B TANPA PENELITIAN

INFO PENTING !

GURU BISA NAIK PANGKAT KE IVB BUKAN HANYA MELALUI BIKIN PTK

Pengumunan untuk para guru (tapi sebenarnya guru juga udah tahu), untuk naik pangkat dari IVa ke IVb dan seterusnya tidak mesti membuat karya berupa Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

Bisa saja para guru menilaikan karyanya yang berupa Diktat (dapat nilai 1, kan bisa bikin beberapa diktat), Alat Peraga (dapat nilai 0,5, kan bisa bikin banyak alat peraga, bisa poster, model, power point yang ditempel Film dan animasi atau lainnya), Karya Teknologi Tepat Guna (dapat nilai 5, bisa berupa Alat Pendidikan/Praktikum, Alat Pengolah yang bermanfaat untuk masyarakat, dan Media Pembelajaran berbasis komputer yang berupa Film dan Animasi Flash untuk satu semester), yang kesemuanya itu cukup menuliskan Laporan Pembuatan dan Penggunaannya disertai dengan Foto Pembuatan dan Penggunaan, atau kalau produk komputer kan bisa dikirim karyanya berupa CD pembelajaran.

FORMAT LAPORAN KARYA PENGEMBANGAN PROFESI NON KTI

Karya pengembangan profesi guru non KTI (Alat Peraga, Alat Praktikum, Karya Teknologi Tepat Guna dan Karya Seni) dapat digunakan sebagai syarat kenaikan pangkat guru dari IV/a ke atas, sebagaimana karya tulis ilmiah. Yang penting ditulis laporan pembuatannya dengan format sebagai berikut :

- Halaman Judul

- Kata Pengantar

- Halaman Pengesahan

- Daftar Isi

A. Jenis : Alat Peraga/ Alat Bimbingan/ Karya Teknologi/Karya Seni (pilih salah satu aja ya!!!)

B. Judul (Nama Alat Peraga/ Nama Karya Teknologi/ Nama Karya Seni)

C. Tujuan

D. Manfaat

E. Rancangan (Gambar rancangan atau diagram alir, alat dan bahan yang digunakan)

F. Prosedur Pembuatan dilengkapi foto pembuatan.

G. Prosedur Penggunaan dilengkapi dengan foto penggunaan.

Paling laporannya 2 halaman (untuk Alat Peraga) atau 5 halaman (untuk Karya Teknologi). Buruan aja dicoba!!!

Weleh-weleh ternyata saat ini banyak guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang tidak tahu harus bagaimana setelah pangkatnya Pembina golongan IV/a. Karena selama ini kenaikan pangkatnya sudah diurus oleh Bagian Tata Usaha. Bagi guru yang sudah IV/a maka ada persyaratan khusus untuk naik pangkat ke IV/b yaitu harus mengumpulkan angka kredit dari Kegiatan Pengembangan Profesi sebesar 12. Kegiatan pengembangan profesi bisa berupa nulis Karya Tulis Ilmiah, bikin Alat Peraga, bikin Karya Teknologi Tepat Guna atau Karya Seni. Nah, kalau sudah bikin maka berkas usulan angka kredit bisa dikirim

ke Biro Kepegawaian Bagian Mutasi Guru Komplek Depdiknas Gedung C Lantai 5 Jalan Jendral Sudirman Senayan Jakarta.

Biasanya berkas ini diperiksa dulu oleh guru senior (atau bagi pengawas ya pengawas senior) kalau sudah mencukupi angka kredit dari unsur KBM. Kalau udah diperiksa maka tinggal minta surat pengantar dari Kepala Sekolah atau Kepala Dinas untuk mengantar berkas usulan penilaian angka kreditnya. Semoga jelas dan tidak mampet lagi.

3 komentar:

  1. Mantap Amang informasinya. Nanti Saya mau coba deh dan mohon bimbingannya.
    Salam dari : Patuan Manurung
    Guru SMKN 1 Balige TOba Samosir

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya. semoga saya bisa ke gol.IV/b

    BalasHapus